Implikasi Tahap Tahap Perkembangan Anak Terhadap Pendidikan
dalam proses perkembangan anak, kita memiliki beberapa tahap pendidikan
bagi anak yaitu :
MASA KANAK KANAK AWAL (2-6 tahun ) :
- Masa Negativis (Trotzalter)
- Masa Bermain
- Masa Bereksplorasi
- Masa Meniru
- Tahap Kognitif (Piaget) :
Praoperasional
- Cara berpikir bersifat egosentris
- Belajar bahasa
- · Tingkat Moral (Kohlberg)
- Orientasi Hukuman : Tahap 1
- Orientasi Ganjaran : Tahap 2
Metode yang
tepat dalam pembelajaran :
- Belajar Bermain
Dalam tahap ini , bermain memiliki peran penting dalam
proses perkembangan anak. Anak dikenalkan dengan berbagai benda baru seperti
mainan-mainan. Lalu dalam bermain anak juga dapat diajarkan mengeja nama nama
benda tersebut dan diperkenalkan fungsi fungsi dari benda tersebut. Banyak hal
yang dapat diajarkan kepada anak dalam bermain. Pada usia ini, anak dapat
merekam apa yang kita perlihatkan kepada mereka dengan cepat. Mereka dengan
cepat meniru apa yang di perlihatkan kepada mereka. Dengan bermain, kita dapat
melihat bagaimana cara anak berinteraksi dengan alat alat permainan yang
diberi. Hasilnya pun akan lebih baik jika ia diajak bermain dengan teman
sebayanya.
MASA KANAK
KANAK AKHIR ( >6 tahun ) :
- · Pengaruh teman sebaya mulai dominan
- · Tahap Kognitif : Operasional Konkrit
- · Menurut Erikson : Tahap Industry vs Inferiority
- · Tingkat Moral : Konvensional
- Orientasi “Good Boy/Girl “ : Tahap 3
- Orientasi Otoritas : Tahap 4
Metode pembelajaran
yang tepat :
- Belajar berkolaborasi
Belajar bekerjasama sangat
dibutuhkan. Anak anak disatuin dalam sebuah kelompok dengan teman temannya lalu
diajak mencari sesuatu secara bersama-sama. Mereka dapat diajarkan
menyelesaikan sebuah masalah bersama teman temannya. Ini dapat membantu anak
untuk bersosialisasi dengan orang disekitarnya. Dan agar mereka aktif dalam
berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
MASA REMAJA
(11/24 – 18/24 tahun ) :
- · Perkembangan fisik : bentuk badan orang dewasa
- · Perkembangan seksual : hormon seksual aktif > menarche dan polutio
- · Perkembangan heteroseksual : tertarik pada lawan jenis
- · Perkembangan emosional : emosi tak stabil
- · Perkembangan Kognitif : Operasional formal
- Mampu berpikir logis
- Menaruh perhatian terhadap masa
depan ; konsep ideologis & hipotesis
- · Pola pikir egosentris
- · Perkembangan moral : sudah sampai tingkat konvensional , sebagian post konvensional
- Orientasi kontrak sosial : Tahap 5
- Orientasi asasetis (etika) : Tahap 6
Metode pembelajaran
yang tepat :
1. Pada tahap ini, kita lebih gampang
mengajarkan anak dalam hal belajar, karena anak sudah mulai berpikir sendiri
dan sudah dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Maka hal hal yang pelu diasah
dalam belajar ialah berdiskusi dan bereksperimen
sekian pandangan menurut saya dan teman teman sekelompok saya .Terima Kasih.
oleh :
Komentar
Posting Komentar