Implikasi Tahap Tahap Perkembangan Anak Terhadap Pendidikan

dalam proses perkembangan anak, kita memiliki beberapa tahap pendidikan bagi anak yaitu :


MASA KANAK KANAK AWAL (2-6 tahun ) :
  • Masa Negativis (Trotzalter)
  • Masa Bermain
  • Masa Bereksplorasi
  • Masa Meniru
  • Tahap Kognitif (Piaget) : Praoperasional
-  Cara berpikir bersifat egosentris
-  Belajar bahasa
  • ·         Tingkat Moral (Kohlberg)

-  Orientasi Hukuman : Tahap 1
-  Orientasi Ganjaran : Tahap 2

Metode yang tepat dalam pembelajaran :

  1.  Belajar Bermain

Dalam tahap ini , bermain memiliki peran penting dalam proses perkembangan anak. Anak dikenalkan dengan berbagai benda baru seperti mainan-mainan. Lalu dalam bermain anak juga dapat diajarkan mengeja nama nama benda tersebut dan diperkenalkan fungsi fungsi dari benda tersebut. Banyak hal yang dapat diajarkan kepada anak dalam bermain. Pada usia ini, anak dapat merekam apa yang kita perlihatkan kepada mereka dengan cepat. Mereka dengan cepat meniru apa yang di perlihatkan kepada mereka. Dengan bermain, kita dapat melihat bagaimana cara anak berinteraksi dengan alat alat permainan yang diberi. Hasilnya pun akan lebih baik jika ia diajak bermain dengan teman sebayanya.

MASA KANAK KANAK AKHIR ( >6 tahun ) :
  • ·         Pengaruh teman sebaya mulai dominan
  • ·         Tahap Kognitif : Operasional Konkrit
  • ·         Menurut Erikson : Tahap Industry vs Inferiority
  • ·         Tingkat Moral : Konvensional

- Orientasi “Good Boy/Girl “ : Tahap 3
-  Orientasi Otoritas : Tahap 4

Metode pembelajaran yang tepat :

  1.   Belajar berkolaborasi

Belajar bekerjasama sangat dibutuhkan. Anak anak disatuin dalam sebuah kelompok dengan teman temannya lalu diajak mencari sesuatu secara bersama-sama. Mereka dapat diajarkan menyelesaikan sebuah masalah bersama teman temannya. Ini dapat membantu anak untuk bersosialisasi dengan orang disekitarnya. Dan agar mereka aktif dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

MASA REMAJA (11/24 – 18/24 tahun ) :

  • ·         Perkembangan fisik : bentuk badan orang dewasa
  • ·         Perkembangan seksual : hormon seksual aktif  > menarche dan polutio
  • ·         Perkembangan heteroseksual : tertarik pada lawan jenis
  • ·         Perkembangan emosional : emosi tak stabil
  • ·         Perkembangan Kognitif : Operasional formal

- Mampu berpikir logis
-  Menaruh perhatian terhadap masa depan ; konsep ideologis & hipotesis
  • ·         Pola pikir egosentris
  • ·         Perkembangan moral : sudah sampai tingkat konvensional , sebagian post konvensional

-  Orientasi kontrak sosial : Tahap 5
-  Orientasi asasetis (etika) : Tahap 6

Metode pembelajaran yang tepat :

1.      Pada tahap ini, kita lebih gampang mengajarkan anak dalam hal belajar, karena anak sudah mulai berpikir sendiri dan sudah dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Maka hal hal yang pelu diasah dalam belajar ialah berdiskusi dan bereksperimen 



 sekian pandangan menurut saya dan teman teman sekelompok saya .Terima Kasih. 

oleh :

  • Muhammad Syahreza Andrian (16-008)
  • Yunita (16-009)
  • Friska Nonifily Mendrofa (16-052)
  • Stevany hediyani sinaga (16-055)
  • Michael Christian siahaan (16-076)  






  • Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Pendagogi dan Andragogi

    Neuropsikologi I : Neuron

    Manajemen kelas