Pendagogi dan Andragogi


  • Pendagogi adalah teori belajar yang dikembangkan untuk anak-anak.


  • Andragogi adalah teori belajar yang dikembangkan untuk orang dewasa .

 Ada beberapa perbedaan antara andragogi dan pedagogi , yaitu :



Andragogi
Pedagogi
1
Pembelajar disebut “peserta didik”/“warga didik
Pembelajar disebut siswa atau  anak didik
2
Gaya belajar independen
Gaya belajar dependen
3
Tujuan fleksibel
Tujuan ditentukan sebelumnya
4
Menggunakan metode pelatihan aktif
Metode pelatihan pasif, seperti metode ceramah.
5
Pembelajaran mempengaruhi waktu dan kecepatan
Guru mengontrol waktu dan kecepatan
6
Belajar berpusat pada masalah kehidupan nyata
Belajar berpusat pada isu atau pengetahuan teoritis
 Ada 4 konsep yang membedakan orang dewasa dan anak-anak :
  1. konsep diri
  2. konsep pengalaman
  3. konsep kesiapan belajar
  4. konsep perspektif waktu

Ada juga beberapa asumsi pada andragogi dan pedagogi.

  • Andragogi 
  1. konsep diri lebih mandiri
  2. kesiapan terhadap peran sosial
  3. perspektif waktu tepat
  4. pengalaman sangat penting untuk belajar
  5. perencanaan diri
  6. evaluasi 
  7. desain dalam hal kesiapan menghadapi masalah
  8. kegiatan pada teknik pengalaman
  9. orientasi belajar berfokus pada masalah
  10. perumusan tujuan negosiasi
  • Pedagogi 
  1. konsep diri masih ketergantungan
  2. kesiapan akan tekanan terhadap sosial
  3. perspektif waktu sering ditunda
  4. perencanaan oleh guru
  5. evaluasi oleh guru
  6. desain pelajaran
  7. kegiatan
  8. orientasi belajar berfokus pada sustansi subjek
  9. pengalaman tidak teralu penting


Perbedaan cara belajar antara orang dewasa dan anak-anak
NoKomponen-komponen PembelajaranPedagogi/Anak-anakAndragogi/Gerentologi
1



2

3




4




5


6



7


8


9
Tujuan Pembelajaran


Materi Pelajaran

Metode dan Teknik




Sumber Belajar/Guru



Evaluasi


Kurikulum



Waktu


Tempat


Sarana/Prasarana
Diarahkan untuk masa yang akan datang.


Lebih umum

Ceramah guru lebih dominan



Ditentukan secara formal



Keberhasilan dalam belajar

Ditentukan oleh lembaga tertentu


Ditentukan oleh guru


Ditentukan oleh guru/pengelola

Lembaga/pengelola/guru
Untuk saat sekarang (dapat dimanfaatkan segera)

Praktis, keterampilan

Lebih banyak mengajak WB, untuk berbuat melalui diskusi, metode kasus, simulasi, dll.

Tidak ditentukan secara formal, asal punya keterampilan dan mau membantu WB

Evaluasi diri (self evaluation)

Dirancang secara bersama antara tutor dengan WB


Kesepakatan antara tutor dengan WB

Disepakati antara tutor dengan WB

Disepakati bersama antara tutor, WB, dan pengelola



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen kelas

Neuropsikologi I : Neuron