Pendagogi dan Andragogi
- Pendagogi adalah teori belajar yang dikembangkan untuk anak-anak.
- Andragogi adalah teori belajar yang dikembangkan untuk orang dewasa .
Ada beberapa perbedaan antara andragogi dan pedagogi , yaitu :
Andragogi
|
Pedagogi
| |
1
|
Pembelajar disebut “peserta didik”/“warga didik
|
Pembelajar disebut siswa atau anak didik
|
2
|
Gaya belajar independen
|
Gaya belajar dependen
|
3
|
Tujuan fleksibel
|
Tujuan ditentukan sebelumnya
|
4
|
Menggunakan metode pelatihan aktif
|
Metode pelatihan pasif, seperti metode ceramah.
|
5
|
Pembelajaran mempengaruhi waktu dan kecepatan
|
Guru mengontrol waktu dan kecepatan
|
6
|
Belajar berpusat pada masalah kehidupan nyata
|
Belajar berpusat pada isu atau pengetahuan teoritis
|
- konsep diri
- konsep pengalaman
- konsep kesiapan belajar
- konsep perspektif waktu
Ada juga beberapa asumsi pada andragogi dan pedagogi.
- Andragogi
- konsep diri lebih mandiri
- kesiapan terhadap peran sosial
- perspektif waktu tepat
- pengalaman sangat penting untuk belajar
- perencanaan diri
- evaluasi
- desain dalam hal kesiapan menghadapi masalah
- kegiatan pada teknik pengalaman
- orientasi belajar berfokus pada masalah
- perumusan tujuan negosiasi
- Pedagogi
- konsep diri masih ketergantungan
- kesiapan akan tekanan terhadap sosial
- perspektif waktu sering ditunda
- perencanaan oleh guru
- evaluasi oleh guru
- desain pelajaran
- kegiatan
- orientasi belajar berfokus pada sustansi subjek
- pengalaman tidak teralu penting
Perbedaan cara belajar antara orang dewasa dan anak-anak
No | Komponen-komponen Pembelajaran | Pedagogi/Anak-anak | Andragogi/Gerentologi |
1
2
3
4
5
6
7
8
9
| Tujuan Pembelajaran
Materi Pelajaran
Metode dan Teknik
Sumber Belajar/Guru
Evaluasi
Kurikulum
Waktu
Tempat
Sarana/Prasarana
| Diarahkan untuk masa yang akan datang.
Lebih umum
Ceramah guru lebih dominan
Ditentukan secara formal
Keberhasilan dalam belajar
Ditentukan oleh lembaga tertentu
Ditentukan oleh guru
Ditentukan oleh guru/pengelola
Lembaga/pengelola/guru
| Untuk saat sekarang (dapat dimanfaatkan segera)
Praktis, keterampilan
Lebih banyak mengajak WB, untuk berbuat melalui diskusi, metode kasus, simulasi, dll.
Tidak ditentukan secara formal, asal punya keterampilan dan mau membantu WB
Evaluasi diri (self evaluation)
Dirancang secara bersama antara tutor dengan WB
Kesepakatan antara tutor dengan WB
Disepakati antara tutor dengan WB
Disepakati bersama antara tutor, WB, dan pengelola
|
Komentar
Posting Komentar